//
you're reading...
Ponsel

Apple Umumkan iPhone 3.0

Tiga hari lalu Apple mengumumkan iPhone OS 3.0, sistem operasi generasi baru untuk iPhone, iPod Touch dan produk elektronik portabel misterius Apple lainnya. Apple mengemas lebih dari 100 fitur baru ke dalam firmware iterasi ketiga untuk iPhone ini dan kelihatannya firmware ini akan jauh mengahkan OS ponsel lainnya saat dirilis di sekitar pertengahan tahun ini.

Beberapa fitur baru yang diperkenalkan sudah sejak dulu dimiliki ponsel lain, tetapi ada juga sebagian fitur yang benar-benar inovatif dan akan menjadikan iPhone sebagai produk elektronik serba guna. Dari sekian banyak fitur baru yang diumumkan, mari kita lihat beberapa fitur yang menurut saya paling berguna.

Copy & Paste

Dianggap sebagai salah satu fitur yang hilang dari iPhone firmware 1.x dan 2.x, akhirnya Apple mengimplementasikan fitur yang sudah dimiliki banyak OS ponsel pintar lainnya seperti Android dan Windows Mobile.

Push Notification

Salah satu penyebab populernya BlackBerry di Indonesia adalah karena BlackBerry Messenger yang selalu aktif, memungkinkan komunikasi antar pengguna BlackBerry Messenger melalui instant messaging. Pengguna iPhone tidak dapat melakukan hal ini karena iPhone tidak memperbolehkan aplikasi pihak ketiga untuk terus aktif di belakang layar dengan alasan kinerja dan pemborosan baterai.

Jawaban Apple untuk masalah ini adalah push notification framework yang menggunakan layanan Apple untuk menerima notifikasi dari aplikasi pihak ketiga seakan-akan aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang. Apple sebelumnya sudah berjanji untuk merilis fitur ini di bulan September 2008, tetapi setengah tahun setelah itu, fitur ini masih juga tidak muncul.

Saat mengumumkan OS 3.0 dua hari lalu, barulah kita mendengar lagi datangnya push notification framework. Lihatlah video di bawah ini ini tentang alasan yang diberikan Apple tentang keterlambatan ini.

P2P Bluetooth

Apabila Anda merupakan seorang antusias game Anda tentunya tahu bahwa alasan sangat populernya Nintendo DS adalah karena fitur multiplayer melalui Bluetooth yang ditawarkan. iPhone 3.0 juga akan mendukung fitur ini dan apabila dikombinasikan dengan fitur-fitur lainnya seperti multitouch dan accelerometer, bisa Anda bayangkan banyaknya jenis game-game kreatif yang dapat Anda mainkan secara multiplayer melalui Bluetooth tanpa harus melalui jaringan IP.

Lihatlah salah satu contoh game masa depan iPhone di video di bawah ini (jangan lupa untuk melihat demo sebenarnya di menit 1:25).

Tidak terbatas hanya untuk bermain game saja, koneksi P2P Bluetooth ini juga akan memungkinkan dua iPhone untuk berbagi file ataupun informasi apapun yang ada dalam ponsel mereka.

Spotlight Search

OS 3.0 menambahkan Spotlight ke halaman utama ponsel, memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian dalam address book, note atau informasi apapun yang tersimpan dalam ponsel tersebut. Selain itu Apple juga menambahkan fitur search ke dalam beberapa aplikasi utama seperti email, Calendar dan iPod untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian dengan cepat.

MMS

Seperti copy & paste, MMS juga merupakan salah satu fitur iPhone yang terlambat datang. iPhone generasi pertama maupun kedua tidak dapat menerima gambar, vCard ataupun audio melalui SMS. Fitur MMS kini akan datang, tetapi hanya untuk iPhone 3G saja.

Landscape Keyboard

Sejak pertama kali dikeluarkan iPhone OS memungkinkan pengguna untuk mengetikkan alamat URL ke dalam Safari melalui keyboard virtual dalam tampilan landscape yang berukuran jauh lebih besar dibandingkan keyboard virtual dalam aplikasi SMS. Sejak dulu saya heran mengapa Apple tidak menambahkan keyboard landscape ke dalam semua aplikasinya sehingga pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetik email ataupun SMS dengan nyaman.

Fitur ini akhirnya keluar di iPhone OS 3.0, menambahkan fitur landscape keyboard ke email, SMS dan notes.

Banyak Lagi

Beberapa fitur di atas hanyalah sebagian dari fitur-fitur baru yang diumumkan Apple, untuk melihat video dari acara pengumuman iPhone 3.0, kunjungi situs Apple atau baca ulasan Gizmodo tentang iPhone 3.0. iPhone OS 3.0 masih berada dalam tahap beta saat ini dan akan tersedia untuk publik di sekitar pertengahan tahun ini.

from : udaramaya.com

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

%d bloggers like this: