//
you're reading...
Hardware, Sistem Operasi

Cara Mengatasi MBR Error

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan MBR? MBR merupakan singkatan dari “Master Boot Record” yang berada pada sektor pertama dalam hard disk dan memiliki fungsi untuk menyimpan informasi tentang Sistem Operasi dan kemudian akan dibaca oleh BIOS.

Kerusakan pada MBR biasanya disebabkan karena sistem operasi mengalami kerusakan, sehingga komputer tidak dapat memanggil Sistem Operasi untuk dijalankan. Biasanya pesan error yang ditampilkan karena kerusakan MBR adalah :

Error loading operating system

Missing operating system

Invalid partition table

Mungkin kebanyakan dari kita pernah menemukan pesan error seperti diatas. Apa tindakan kita jika mengalami hal diatas ? Cara yang paling mudah, sudah tentu melakukan instal ulang atau melakukan repair kan ? Tetapi banyak hal yang akan merugikan kita. Yang pertama, kita akan mengalami kehilangan data, apalagi jika semua data disimpan pada My Document. Yang kedua kita juga akan kehilangan aplikasi yang sudah terinstal beserta driver. Capek juga jika harus melakukannya lagi.

Jika tidak mau dirugikan, sebaiknya kita coba dulu untuk melakukan perbaikan pada MBR. Untuk itu mari kita melakukan perbaikan pada Windows XP dan Vista.

Windows XP

1. Pastikan Boot order pada BIOS sudah diarahkan ke CD-ROM.

2. Boot komputer dengan menggunakan CD Instalasi Windows XP. Jika tampilan welcome to setup telah muncul, pilih opsi Repair atau cukup dengan menekan tombol R pada keyboard.

3. Proses berikutnya kita diminta untuk memasukkan angka dimana Sistem operasi diinstalkan. Biasanya kita memilih angka 1. Kemudian tekan enter. Lalu masukkan password administrator (Harus tahu).

repair-mbr-02

4. Pada Command prompt, ketikkan fixmbr. Kerusakan pada MBR sekarang sudah diperbaiki. Kini Komputer anda sudah menggunakan MBR yang baru. Anda mungkin juga ingin menjalankan perintah fixboot untuk memperbaiki boot sektor dengan yang baru. Sekarang coba restart komputer anda melalu Hard disk.

Yang harus diperhatikan, pastikan Anda hanya menggunakan perintah ini pada sebuah sistem dengan satu sistem operasi yang terpasang. Jika Anda memiliki lebih dari satu sistem operasi terinstal, fixmbr dan fixboot dapat menggagalkan semuanya.

Windows Vista

1. Pertama yang dilakukan adalah boot komputer dengan Windows Vista disc.

2. Pilih language, time, currency, dll, lalu klik Next. Kemudian klik pada “Repair Your Computer.”

3. Pilih sistem operasi yang akan diperbaiki, lalu klik Next. Jika muncul Layar dialog “System Recovery Options” pilih Command Prompt.

4. Ketikkan bootrec.exe dan tekan Enter. Proses ini akan memberbaiki boot configuration data. Kita juga dapat menambahkan opsi (/fixmbr) jika hanya ingin memperbaiki master boot record dan (/fixboot) jika hanya ingin memperbaiki boot sector.

Discussion

One thought on “Cara Mengatasi MBR Error

  1. Terima kasih atas infonya mas singgih😉 hehehe

    Posted by wahyu | October 7, 2012, 12:31 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

%d bloggers like this: